Hosting dan Domain itu Apa?

HOSTING

Hosting adalah tempat dimana anda bisa meletakkan berkas-berkas anda dan berkas tersebut dapat diakses oleh siapa saja secara online. Jika diibaratkan, hosting adalah sebidang tanah tempat anda membangun rumah. Hosting terdiri dari 2 elemen dasar yaitu: SPACE dan BANDWIDTH

SPACE adalah ruangan tempat menyimpan file. Semakin besar spacenya semakin banyak file yang bisa anda simpan dalam hosting tersebut.

BANDWIDTH adalah besarnya lalu lintas data yang diijinkan. Semakin besar, semakin banyak pengunjung yang diijinkan untuk mengakses website anda.

DOMAIN

Domain atau Nama Domain adalah nama untuk mempermudah pengunjung menemukan lokasi berkas anda (hosting). Contoh-contoh nama domain: google.com, facebook.com, lutviavandi.com, cbwebspace.com, dll.

Nama domain itu unik artinya sebuah domain tidak bisa dipakai dan dimiliki oleh 2 orang atau lebih. Apabila sebuah domain sudah disewa orang lain, maka anda harus menunggu hingga masa sewanya habis dan pemiliknya tidak melakukan perpanjangan. Kepemilikan domain diatur oleh organisasi bernama ICANN.

Minimal pemakaian nama domain adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya. Apabila anda tidak memperpanjang lagi atau lupa memperpanjang, maka ada kesempatan 1 bulan untuk melakukan perpanjangan. Jika dalam masa expired itu anda tidak juga melakukan perpanjangan, maka domain akan di delete dan baru bisa dipakai lagi 1 bulan berikutnya.

Domain terdiri dari 2 bagian.

  1. Nama domain, contoh: google, facebook, lutviavandi, cbwebspace, dll
  2. Extension, contoh: com, net, org, info, co, in, me, us, dll
Harga sebuah domain biasanya tergantung extension yang dimilikinya.

  • 38 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Powered by WHMCompleteSolution