Web tidak bisa dibuka

Ada banyak sebab website tidak bisa diakses. Salah satunya adalah koneksi antara domain dan hosting yang tidak sinkron. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memeriksa dimana letak masalahnya sehingga website anda tidak bisa diakses

Koneksi Internet Terputus

Penyebab yang paling sering adalah koneksi internet yang terputus. Biasanya jika sebabnya ini, maka anda juga tidak dapat membuka halaman web lain.

Server Down

Penyebab web tidak bisa diakses adalah server down. Biasanya karena ada trouble atau sedang ada maintenance rutin dari pengelola. Ciri-cirinya, anda masih bisa membuka web lain, tapi tidak dapat membuka web anda. Meski begitu, untuk memastikannya, anda bisa menanyakan langsung ke pengelola hosting.

Server Pindah

Penyebab lainnya adalah server tempat anda menyewa hosting melakukan pemindahan hardware dari satu lokasi ke lokasi lain. Biasanya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan data. Hal ini sebenarnya sangat menguntungkan penyewa karena kecepatan akses webnya biasanya lebih cepat dari sebelumnya. Hanya saja, di beberapa hari awal perpindahan, ada beberapa masalah yang timbul:

1. Web tidak bisa diakses

Hal ini karena ISP anda masih mengarahkan anda ke server lama, padahal disana sudah kosong alias pindah. Akibatnya browser tidak mampu menampilkan apapun. Untuk itu, kita harus menuntun browser menuju server yang baru secara manual, setidaknya beberapa hari setelah perpindahan server. Caranya:

  1. Klik Start - Run
  2. Masukkannotepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
  3. Ketika notepad-nya sudah terbuka, masukkan kode berikut:

    63.247.95.181 cbwebspace.com
    63.247.95.181 domainanda
  4. Ganti domainanda dengan domain milik anda sendiri, Misalnya domainanda adalah BLOGSAYA.COM maka kodenya63.247.95.181 blogsaya.com
  5. Klik File - Save untuk menyimpan
2. Tidak bisa login Cpanel

Masalah yang muncul berikutnya adalah anda tidak bisa login ke cpanel. Hal ini biasanya karena anda belum pernah mengganti password cpanel sebelumnya atau password cpanel anda masih default buatan system saat membeli dulu. Demi keamanan, biasanya password ini akan dirubah secara acak oleh system. Untuk mendapatkan password anda, silahkan melakukan reset password cpanel melalui billing manager.

  • 12 Users Found This Useful
Was this answer helpful?